HARMONISASI BOKONG

 

 

 

 

Mengacu kepada selera bangsa Eropa sebagai pusat perkembangan seni, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan peradaban Barat, seorang wanita cantik awalnya dicirikan dengan bentuk pipi, payudara, perut, bokong, dan paha yang bulat dan ranum berisi lemak. Kecantikan dalam bentuk seperti itu dianggap mewakili sifat keibuan pada seorang wanita. Hal ini dapat kita saksikan secara jelas pada bentuk patung-patung dewi Venus / dewi Aphrodite, lukisan Monalisa, serta lukisan-lukisan karya seniman Rembrandt.

 

Seiring dengan perjalanan waktu, konsep cantik yang melambangkan sosok ibu mulaiberubah. Konsep cantik sebagai sesuatu yang muda (youthful) dan segar menjadi panutan para kaum wanita. Bersesuaian dengan itu, keindahan lekuk liku tubuh wanita masih dipandang dari 2 sisi, untuk sisi depan keindahan diidentikkan dengan bentuk payudara yang berisi proporsional sementara untuk sisi belakang keindahan diidentikkan dengan bentuk bokong/pantat yang berisi proporsional.

 

Bagi wanita Asia, termasuk Indonesia, dengan profil tubuh yang tidak tinggi dan cenderung mungil tentunya tidak proporsional bila memiliki bokong yang terlalu menonjol. Tetapi seiring dengan saudah banyaknya asimilasi pernikahan dengan etnis kulit putih (Kaukasia), maka saat ini cukup banyak wanita Indonesia yang tinggi dan proporsi tubuhnya cukup berisi. Seringkali tipe wanita seperti ini sering merasa minder bila bentuk bokongnya kurang berisi. Jenis klien lain yang juga menginginkan bentuk bokong yang lebih berisi adalah mereka yang memiliki pasangan laki-laki dari etnis Hispanik/Latin; yang mana menurut budaya mereka keseksian itu sangat penting menonjolkan keindahan bokong.

 

 

 

 

Operasi estetik bokong (butt augmentation)

 

Prinsip koreksi otot vagina adalah dengan membuat sayatan bukaan pada lipatan pantat lalu jaringan dibebaskan sampai mencapai otot besar bokong kanan dan kiri. Kemudian sisipan kantung jel silikon steril diletakkan di bawah otot besar bokong, di atas otot kecil bokong. Dengan demikian, bentuk bokong kelak akan tetap berlekuk mulus mengikuti bentuk asli otot besar bokong, hanya saja ukurannya lebih menonjol.  Bekas luka operasi tidak akan terlihat karena tersembunyi pada lekuk pantat.

 

 

 

Persiapan praoperasi

 

Tidak ada pemeriksaan khusus menjelang operasi estetik bokong, kecuali untuk hal-hal yang terkait pembiusan umum (tidur). Biasanya dokter ahli bius akan memintakan pemeriksaan darah praoperasi. Bila klien berusia di atas 40 tahun, dokter bedah plastik akan menganjurkan klien untuk memeriksakan kondisi kesehatan jantung dan paru-parunya terlebih dahulu untuk menjamin operasi kelak berlangsung secara aman.

 

Untuk kepentingan penyembuhan luka dan hasilakhir yang baik, klien disarankan untuk tiidak merokok dan minum alkohol 3 minggu sebelum dan sesudah operasi. Operasinya sendiri memakan waktu kira-kira 3-4 jam.

 

 

Pascaoperasi dan penyembuhan

 

Pascaoperasi klien harus memakai korset/garment khusus untuk menjaga fiksasi bentuk baru bokong. Dalam 2 - 3 hari pertama klien harus beristirahat dalam posisi telungkup, dan selama posisi tersebut setiap 2 jam boleh dalam posisi alternatif miring kiri dan miring kanan. Dalam 1 minggu pertama pascaoperasi kebersihan daerah "bawah" harus diperhatikan, termasuk klien akan diberi program penyesuaian diet agar frekuensi buang air besar sangat berkurang dan mencegah risiko kontaminasi luka operasi.

 

Setelah 1 minggu klien boleh mulai duduk ringan dan tidur berbaring. Klien biasanya akan mengalami perasaan tidak nyaman atau nyeri ringan selama ± 1 minggu pascaoperasi yang berangsur-angsur hilang/reda setelah minggu ke-2. Setelah minggu ke-2 biasanyaklien akan merasa seperti tertarik-tarik, dan sensasi ini akan berangsur-angsur reda sampai 1 bulan pascaoperasi.

 

Klien diharuskan membatasi aktivitas berlari, berenang termasuk puasa berhubungan badan selama 4 minggu pascaoperasi. Hasil akhir bentuk bokong akan terlihat baik dan terasa nyaman setelah 2 bulan pascaoperasi. Setelah 2 bulan, klien boleh beraktivitas seperti biasa, termasuk berolah raga dan berhubungan badan.

 

KONSULTASI ESTETIK

dr.Ahmad Fawzy, SpBP

 

KONSULTASI ONLINE

 

Di era teknologi informasi yang memfasilitasi efisiensi waktu dan kemudahan berkomunikasi di mana saja, kami juga menyediakan kesempatan untuk Anda  dapat berkonsultasi online lewat pesan singkat / surat elektronik di sini,

 

 

OPERASI GRATIS

SUMBING BIBIR

 

dr. Ahmad Fawzy, SpBP dan RS Juwita Bekasi menyelenggarakan program operasi gratis untuk pengidap sumbing bibir yang tidak mampu biaya operasi. Syarat dan ketentuan rinci  untuk disertakan dalam program ini dapat Anda lihat disini, atau silakan hubungi:

 

RS Juwita Bekasi

Jl. M. Hasibuan 78 Bekasi

021 8829590/1 (dengan ibu Evi)