SEKILAS DOKTER

 

 

Hubungan antara seorang dokter dan seorang pasien saat ini tidak lagi bersifat paternalistik, atau kedudukan dokter yang selalu lebih tinggi daripada pasien. Hubungan demikian di masa lalu lambat laun berubah sifatnya menjadi hubungan yang sederajat, di mana antara dokter dan pasien memiliki kedudukan dan peranan yang sama tinggi untuk menentukan keberhasilan sebuat program terapetik. Hubungan dokter-pasien saat ini menjadi sebuah kemitraan dalam transaksi medik. Hal ini sangat nyata terutama di dalam disiplin kedokteran bedah plastik estetik, di mana kami mengistilahkan pasien-pasien kami dengan istilah "klien", bukan pasien.

Untuk membina sebuah kemitraan yang baik dan efektif, maka antara dokter dan klien harus tumbuh rasa saling percaya. Di dalam rasa kepercayaan tersebut akan tumbuh rasa nyaman sehingga kelangsungan prosedur terapetik menjadi lebih mudah mencapai hasil yang baik. Dan untuk mencapai suatu titik kepercayaan, maka antara dokter dan klien harus saling mengenal dengan baik.

Karena itu, halaman ini dimaksudkan untuk Anda mengenal saya secara sekilas.

 

 

Profil Dokter

 

Saya, Dr. Ahmad Fawzy SpBP-RE, lahir di Jakarta pada tahun  1976, menyelesaikan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada usia 23 tahun. Sempat menekuni karir di bidang seni desain grafis dan desain web sejak lulus dokter umum sebelum akhirnya saya melanjutkan pendidikan spesialisasi bedah plastik di Universitas Indonesia pada tahun 2002 dan tamat sebagai ahli bedah plastik pada usia 30 tahun. Pada tahun 2008 silam, saya beruntung mendapat educational grant dari The Smile Train Foundation dalam bentuk course scholarship memperdalam bidang ilmu Cleft & Maxillofacial Surgery (pembedahan mulut, rahang dan wajah) sebagai participating guest observer di Chang-gung Memorial Hospital Taiwan.

 

Terhitung sejak tanggal 1 Agustus 2010, saya menawarkan diri untuk membantu pengembangan pelayanan bedah plastik rekonstruktif di kota Purwokerto, Jawa Tengah. Selain  mengembangkan pelayanan bedah plastik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, saya juga menikmati membantu pendidikan dan pelatihan ilmu dasar bedah untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

 

Meskipun ada bagian waktu dan perhatian saya tercurah pada tugas pelayanan medis dan pendidikan di Purwokerto, untuk klien atau calon klien yang berada di Jakarta Anda masih dapat bertemu muka dan konsultasi pada hari-hari tertentu dengan perjanjian. (Perjanjian konsultasi di RS lihat di sini). Saya sangat mobile, dan sudah sangat terbiasa dengan itu.

 

 

Operasi gratis pengidap sumbing bibir

 

Di luar kegiatan praktik, saya berpartisipasi di dalam program sosial operasi gratis untuk anak-anak pengidap sumbing bibir yang tidak mampu. Dengan kemitraan bersama The Smile Train Foundation, saya menyelenggarakan operasi gratis rutin di RS Juwita Bekasi.

 

 

 

Di luar kegiatan itu, dalam beberapa kesempatan saya ikut terlibat dalam safari operasi sosial bibir sumbing yang diselenggarakan PERAPI (Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia) di kota-kota lain di luar Jakarta, dan ikut membina forum online orang-orang tua dari anak-anak pengidap sumbing bibir dan celah langit-langit mulut di CBL Indonesia.

 

 

Edukasi masyarakat

 

Selain memberi informasi dan edukasi lewat situs ini, dalam beberapa kesempatan saya juga memenuhi permintaan mengisi artikel di tabloid dan majalah, serta memenuhi undangan mengisi talkshow dari radio, televisi, maupun seminar-seminar untuk awam.

 

 

 

 

Saat ini saya juga sedang merampungkan beberapa tulisan dalam bentuk buku. Kelak Insya Allah buku-buku ini dapat menambah wawasan dan khasanah pengetahuan awam yang ingin mengenal hal-ihwal bedah plastik atau menjadi panduan untuk Anda yang berencana untuk menjalani prosedur bedah plastik.

 

 

 

 

 

Personal

 

Istri saya seorang dokter ahli kulit-kelamin yang juga mendalami kecantikan. Alhamdulillaah, dengan adanya diskusi yang rutin bersama beliau memudahkan saya bertambah wawasan perihal terapi medis estetik yang terkait dengan klien-klien saya; berbeda dengan dokter-dokter bedah lain yang biasanya lebih terfokus hanya pada masalah terapi operatif saja.

 

Di sela-sela kesibukan, saya pasti menyempatkan diri untuk bersantai di kolam renang, bermain bola basket, atau menonton film di bioskop. Yang paling sering saya alami adalah beristirahat di rumah dengan membaca buku sambil ditemani alunan lagu dari CD-CD jazz audiophile 24-bit, atau menikmati secangkir varian kopi di sofa kedai-kedai kopi yang nyaman. Aktivitas di media sosial dunia maya, seperti berkicau di twitter @bedahplastik, selalu saya sempatkan setiap hari. Bukan hanya untuk maksud memperluas jangkauan pertemanan dan membina relasi, tetapi seringkali dalam menyisipkan informasi-informasi medis populer melalui media sosial tersebut sesungguhnya menjadi wujud nyata fungsi dokter sebagai pendidik masyarakat.

 

Being health is NOT merely our lacking of disease, but more importantly having a comfortable feeling upon our body, mind, and soul...

 

 

 

 

KONSULTASI ESTETIK

dr.Ahmad Fawzy, SpBP

 

KONSULTASI ONLINE

 

Di era teknologi informasi yang memfasilitasi efisiensi waktu dan kemudahan berkomunikasi di mana saja, kami juga menyediakan kesempatan untuk Anda  dapat berkonsultasi online lewat pesan singkat / surat elektronik di sini,

 

 

OPERASI GRATIS

SUMBING BIBIR

 

dr. Ahmad Fawzy, SpBP dan Rumah Sakit Juwita Bekasi menyelenggarakan program operasi gratis untuk pengidap sumbing bibir yang tidak mampu biaya operasi. Syarat dan ketentuan rinci  untuk disertakan dalam program ini dapat Anda lihat di sini, atau silakan hubungi:

 

RS Juwita Bekasi

Jl. M. Hasibuan 78 Bekasi

021 8829590 / 021 8829591

(dengan ibu Evi)